2020-03-09

Tim Pelaksana Pendampingan Gerakan Petani Milenial BPTP Kepri Gelar Rapat Koordinasi Intern

BPTP KEP. RIAU
...

Rapat koordinasi intern kegiatan Pendampingan Gerakan Petani Milenial dilaksanakan secara rutin di antara anggota Tim di BPTP Kepulauan Riau. Pertemuan yang diselenggarakan pada tanggal 09 Maret 2020 di Ruang Rapat I Kantor BPTP Kepri ini ditujukan membahas kemajuan dan tindak lanjut kegiatan. Petani milenial menjadi bagian penting sasaran diseminasi teknologi pertanian. Petani Milenial dengan umur sekitar 20–40 tahun (BPS, 2018) atau petani yang tidak berada dalam range umur tersebut tetapi dengan semangat muda berjiwa milenial, tanggap teknologi digital, tanggap alsintan dan mempunyai lahan diharapkan mampu dan lebih mudah mengadopsi teknologi pertanian sehingga mempercepat upaya pemerintah mendongkrak produktivitas.  
 Penerapan teknologi maju tepat guna pada pertanian milenial diharapkan dapat mewujudkan percepatan pembangunan pertanian. Penerapan teknologi dapat meningkatkan efisiensi dan dapat menghemat penggunaan input produksi. Nilai tambah produk dapat diperoleh dengan pengembangan usaha dan pemasaran pertanian ditingkatkan secara terintegrasi melalui jejaring sosial.
Penanggungjawab kegiatan Gerakan Petani Milenial BPTP Kepri Lutfi Humaidi, M.Sc menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan pendampingan ini yaitu: (1) mengidentifikasi dan pendataan petani milenial di Provinsi kepulauan Riau, dan (2) meningkatkan kapasitas petani milenial. Output yang diharapkan dari kegiatan tersebut yaitu: (1) data petani milenial di Kabupaten Bintan, Lingga, Karimun, Natuna dan Anambas, serta Kota Tanjungpinang dan Batam, dan (2) meningkatnya pengetahuan, sikap dan keterampulan petani milenial melalui studi banding dan bimtek.

Rapat tersebut menghasilkan beberapa hal, yaitu: pertama, segera melaksanakan koordinasi dan pendataan petani milenial di tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang di mulai minggu ke 2-4 Maret 2020. Data petani milenial yang dikumpulkan berasal dari dinas pertanian, karantina pertanian, KTNA, pondok pesantren, dan sumber data terkait lainnya.  Kedua, kegiatan peningkatan kapasitas petani milenial akan dilakukan pada bulan April-Mei 2020 dengan metode Bimtek, kunjungan lapang, dan Farm field Day. Materi yang akan disampaikan yaitu mulai dari pemanfaatan media digital/startup pertanian dalam mendukung usahatani, budidaya, dan pengolahan pascapanen dari komoditas utama yang dikembangkan dan sesuai dengan minat petani.

Sub Sektor : Lain-Lain
Komoditas : Lain-Lain
Teknologi yang Digunakan :
http://kepri.litbang.pertanian.go.id/new/index.php/berita/hot-news/1269-tim-pelaksana-pendampingan-gerakan-petani-milenial-bptp-kepri-gelar-rapat-koordinasi-intern